Rabu, 23 Januari 2013

TEKNOLOGI TEPAT GUNA DARI SAMPAH


Volume sampah dikota besar seperti di Jakarta bisa mencapai 24.000-27.000 meter kubik/hari. Kebanyakan kota-kota di Indonesia hanya mampu mengumpulkan dan membuang sekitar 60% dari seluruh produksi sampah.
Sampah merupakan barang buangan, kotor, berbau, dan sering menimbulkan penyakit,serta mencemari lingkungan dapat menjadi barang yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi tinggi.
 
Sampah anorganik bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling). Kertas bekas akan di daur ulang oleh industri kertas, sampah plastik dan kaca akan di daur ulang menjadi bahan baku industri, sedangkan sampah organik dapat mengembangkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan.
 
Manfaat Sampah
*    Kompos untuk pupuk organik
*    Energi bio arang dan energi biomass untuk listrik
*    Barang-barang aksesoris
 
Jenis sampah
v  Sampah digolongkan berdasarkan asal yaitu;
*     Sampah organik yakni sampah yang berasal dari benda-benda atau makhluk hidup. Contohnya, sisa sayuran, buah-buahan dan daun-daunan.
*     Sampah anorganik yakni sampah yang berasal dari benda-benda atau zat-zat mati. Contohnya, kaleng, plastik, besi, kaca.
v  Sampah dibedakan berdasarkan sumber pembuang dibedakan menjadi tiga macam;
*      Sampah rumah tangga adalah sampah yang dihasilkan dari rumah tangga,
*      Sampah industri, meliputi buangan hasil proses industri
*      Sampah makhluk hidup, segala jenis benda buangan dari makhluk hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar