Senin, 18 Maret 2013

Penyakit Pada Kulit


Penyakit pada kulit bisa menyerang siapa saja, untuk itu sobat harus bisa tau tentang penyakit- penyakit yang menyerang salah satu sistem ekskresi ini dan mengenali tanda- tandanya. Oke, sobat bisa simak beberapa penyakit yang menyerang bagian kulit.
1. Eksim( ekzema )
ditandai dengan kulit kemerah-merahan, bersisik, pecah-pecah, merasa gatal terlebih pada malam hari, timbul gelembung kecil yang diisi air atau nanah, bengkak, melepuh, berwarna merah, amat gatal dan merasa panas. penyebabnya sebab alergi terhadap rangsangan zatkimia spesifik, ataupun kepekaan terhadap makanan spesifik layaknya udang, ikan laut, alkohol, vetsin, dll
pencegahan : hindari perihal atau bahan-bahan yang bisa menimbulkan alergi.
2. Kudis ( skabies )
gejala : timbul gatal hebat di malam hari, terlebih di sela-sela jari tangan, di bawah ketiak, pinggang, alat kelamin, sekeliling siku, aerole ( sekeliling puting payudara ), dan permukaan depan pergelangan.
kudis gampang menular ke orang lain baik dengan langsung ataupun tidak langsung ( handuk, baju, dan lain-lain ).
pencegahan : kudis seringkali terjadi di tempat yang higienisnya buruk, jadi memelihara kebersihan tubuh adalah harus bila pingin terhindar dari penyakit kulit ini.
3. Kurap
penyebab : jamur
gejala : kulit jadi tebal dan timbul lingkaran-lingkaran, bersisik, lembab, berair, dan merasa gatal. sesudah itu timbul bercak keputihan.
pencegahan : jaga kebersihan kulit terlebih di area tengkuk, leher, dan kulit kepala.
4. Bisul ( furunkel )
bisul dikarenakan sebab adanya infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit lewat folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat yang sesudah itu menyebabkan infeksi lokal. faktor interseluler obligat, yang pertama menyerang saraf pinggir, berikut bisa menyerang kulit, mukosa mulut, saluran nafas bagian atas, sistem endotelial, mata, otot, tulang, dan testis. Yang menambah risiko terkena bisul diantaranya kebersihan yang buruk, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, kosmetika yang menyumbat pori dan pemakaian bahan kimia.
5. Campak ( rubella )
gejala dari penyakit ini adalah demam, bersin, pilek, sakit kepala, badan merasa lesu, tidak nafsu makan, dan radang mata. sesudah sekian hari dari gejala tersebut timbul ruam merah yang gatal, semakin besar, tersebar ke bagian-bagian tubuh.
6. Kusta
kusta adalah penyakit infeksi kritis yang di sebabkan oleh mycobacterium lepra yang tanda-tanda dari penyakit kusta adalah :
1. kulit dengan bercak putih atau kemerahan dengan mati rasa
2. penebalan dalm saraf pinggir di sertai kelainan berbentuk mati rasa dan kelemahan pada otot tangan, kaki, dan mata
3. pada kontrol kulit bta +
7. Ketombe ( seboroid )
penyebab penyakit ini diduga erat kaitannya dengan kegiatan kelenjar sebasea di kulit.
info : seboroid yang terjadi pada kulit kepala kerap di sebut juga dengan nama ketombe. gejala :
merah, bersisik, berminyak, bau.
8. lepra
gejala : umumnya gejala awalannya kulit tampak mengkerut apalagi bila penyakit tersebut telah akut kumannya perlahan-lahan akan mengonsumsi kulit dan daging anda, bila anda jadi sudah terkena penyakit kulit type ini cepatlah berobat ke dokter sebab bila di biarkan penyakit kulit ini bisa menjadi momok yang menakutkan.
9. Cacar air ( frambusia )
penyebab : penyakit kulit ini dikarenakan oleh sejenis virus bakteri trypanosoma. penyakit ini amat menular terlebih lewat udara, baju, tempat tidur dan keropeng penderita. info : dari jauh kulit yang terkena frambusia serupa dengan buah frambus yang berbintil-bintil ranum. gejala : bintil, frambus, cacar air.
10. Panu atau panau
panau atau panu adalah salah satu penyakit kulit yang dikarenakan oleh jamur, penyakit panu ditandai dengan bercak yang ada pada kulit dibarengi rasa gatal pada waktu berkeringat. bercak-bercak ini dapat berwarna putih, coklat atau merah bergantung warna kulit si penderita.
panau sangat banyak didapati pada remaja usia belasan. walau demikian panau juga dapat ditemukan pada penderita berusia tua.
cara pencegahan penyakit kulit panau bisa dilakukan dengan melindungi kebersihan kulit, dan bisa diobati dengan obat anti jamur yang dijual di pasaran, dan dapat juga diobati dengan obat-obatan tradisional layaknya daun sirih yang digabung dengan kapur sirih dan dioles pada kulit yang terserang panau.
11. Infeksi jamur kulit
jamur dapat tumbuh di permukaan kulit kita, dan mengakibatkan kerusakan tekstur kulit hingga tampak buruk.Belum lagi, rasa gatal yang kerap menyerang menyertai infeksi jamur tersebut. bila tidak selekasnya di atasi, jamur kulit dengan cepat menyebar ke jaringan kulit yang lebih luas.
12. Herpes
penyakit herpes merupakan penyakit yang meradang pada kulit dan biasanya muncul gelembung yang berisi air dan berkelompok. Penyakit Herpes terdiri dari dua macam yaitu herpes zoster yaitu penyakit herpes yang menyerang kulit,yang penularan Penyakit Herpes bisa terjadi lewat kontak langsung.
Kemudian Herpes Genitalis yaitu penyakit herpes yang merupakan penyakit kelamin. Orang Jawa menyebut dompo untuk penyakit herpes zoster, penularan Penyakit Herpes bisa lewat bersin, pakaian, batuk, bahkan ketika anda menyentuh langsung gelembung yang pecah. Sementara untuk herpes genetalis, Penularan Penyakit Herpes terjadi lewat hubungan sex.

Seteleh membaca ini pasti sobat menjadi paham akan menjaga kebersihan kulitnya masing- masing mengingat bahayanya akibat yang ditimbulkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar